[close]

Jamaah Anak Muda Se-Malaya

Utama

free counters

Ukhwah Jamaah

"BangkitLah Jemaah Anak Muda!"
U-jamV3.0. Powered by Blogger.

Thursday, August 26, 2010

Itsar (Mendahulukan Kepentingan Orang Lain)

Posted by Usrah Jamaah Anak Muda | Thursday, August 26, 2010 | Category: |

t


Imam Muslim meriwayatkan, suatu hari seorang musafir menemui Rasulullah SAW dan berkata, "Ya Rasulullah, saya kelaparan dan engkaulah orang terbaik yang pernah kudengar."

Lalu Nabi mendatangi seorang istrinya, berharap ada makanan yang dapat diberikan kepada tamunya. "Tidak ada apa-apa kecuali air minum," jawab istri beliau. Jawapan serupa beliau peroleh tatkala memasuki rumah istri-istri beliau yang lain. Akhirnya beliau berkata kepada para sahabatnya, "Siapa yang bersedia menjamu tamuku ini, insya Allah, akan mendapat rahmat-Nya."

Lelaki itu lalu diajak oleh Abu Thalhah ke rumahnya. Setelah mempersilakan tamu itu duduk, Abu Thalhah bertanya kepada istrinya. "Adakah makanan buat tamu Rasulullah ini?"

"Secuil makanan pun tak ada, kecuali untuk sekali makan anak kita," jawab Rumaisha binti Milhan, atau yang dikenal sebagai Ummu Sulaim.

"Baiklah, tidurkan saja anak kita. Hidangkan makanan itu buat kawan kita!"

Sang istri lalu menghidangkan sepiring makanan untuk tamunya. Tetapi tamu itu lantas berkata kepada Abu Thalhah, "Saya hanya mau makan bila anda ikut makan bersama saya."

"Baik, tapi silakan anda makan di sini, sedangkan saya akan bersama istri saya di dapur," kata Abu Thalhah.

Demikianlah, tamu itu lalu makan dengan lahap. Dari tempat duduknya, ia melihat bayangan pasangan tuan rumah di dapur seperti sedang makan bersama. Ia pun mendengar denting sendok dan piring dari sana. Ia tak sadar bahwa tuan rumah sedang pura-pura ikut makan, karena lampu di rumah itu sengaja dipadamkan.

Setelah kenyang, tamu itu pun pulang. Tinggallah Abu Thalhah dan keluarganya tidur menahan lapar

Keesokan harinya, Nabi SAW menyambut Abu Thalhah dengan senyum lebar. "Ketahuilah sahabatku, Allah SWT terpesona dengan pengorbanan kamu dan istrimu semalam," kata beliau sambil menyampaikan wahyu dari Allah yang baru beliau terima, "....Mereka telah mendahulukan kepentingan orang lain walaupun mereka sendiri sedang kesusahan." (QS. Al-Hasyr:9).

Currently have 1 comments:

  1. Pada permulaannya,mungkin kita terasa sukar utk Itsar seperti Abu Thalhah..Tetapi,bila kita kuatkan iman utk melakukannya,,berkorban utk org lain..dlm susah mahupun senang...keajaiban berlaku..hati menjadi tenang,,gembira tanpa diminta,,kesenangan tanpa diduga..


Leave a Reply